You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Lampegan

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
SELAMAT DATANG DI WEB RESMI DESA LAMPEGAN

Tracking Batas Wilayah RW


Tracking Batas Wilayah RW

Tracking Batas Wilayah RW

Aep Saepulloh Kadus 3 ( Kepala Dusun tiga) Desa Lampegan Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung Bersama Shafira Nur Sechan dari Universitas Gadjah Mada, Fakultas Geografi, Jurusan Pembangunan Wilayah sedang melakukan tracking batas RW, untuk penegasan batas wilayah yang outputnya berupa batas administrasi Desa Lampegan.

Pada Hari ini kamis tanggal 7 Juli 2022  pelaksanaan tracking batas RW  dimulai dari wilayah Dusun 3 yang terbagi menjadi 4 (empat) wilayah rukun warga (RW), 9 (sembilan) wilayah rukun tetangga (RT). Kemudian lanjut ke dusun 2 dan dusun 1, yang mana dusun 2 terbagi menjadi 4 (empat) wilayah rukun warga , 9 (sembilan) wilayah rukun tetangga (RT) dan dusun 1 terbagi menjadi 3 (tiga) rukun warga (RW) , 9 (sembilan) wilayah rukun tetangga (RT).

Hal tersebut di atas dilakukan karena untuk menghasilkan peta wilayah administrasi desa yang baik dan terperinci. Bagi Shafira Nur Sechan sendiri melakukan ini sebagai bentuk pengamalan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ( Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan , dan Pengabdian Kepada Masyarakat ) yaitu poin ke tiga “ Pengabdian Kepada Masyarakat”. Sedangkan Aep Saepulloh sebagai penunjuk batas akan memperoleh peta desa lengkap.

Dalam ilmu geografi , peta  merupakan gambaran keadaan muka bumi ke dalam bidang datar. Sedangkan yang di maksud pemetaan adalah proses pengumpulan data sebagai Langkah awal dalam pembuat peta. Pemetaan adalah pengelompokkan suatu kumpulan wilayah yang berkaitan dengan beberapa letak geografis wilayah yang meliputi dataran tinggi, pegunungan, sumber daya dan potensi penduduk yang berpengaruh terhadap sosial kultural yang memilki ciri khas khusus dalam penggunaan skala yang tepat (Munir, 2012).

Adapun fungsi peta hasil tracking dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Memberikan informasi kepada pembaca letak relatife atau absolut suatu wilayah RW terhadap wilayah RW lainnya di Desa Lampegan.
  2. Menyajikan data tentang potensi Wilayah Desa Lampegan
  3. Memberi kondisi fisik dan non fisik suatu wilayah RW , misalnya kepadatan , jumlah penduduk, dan persebaran jumlah penduduknya.
  4. Sebagai alat bantu penelitian lapangan, perencanaan wilayah, jelajah alam, dan sebagainya.
  5. Memperhatikan luas ukuran dengan peta sehingga dapat diukur luas wilayah dan jarak dari permukaan bumi.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar