You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Lampegan

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
SELAMAT DATANG DI WEB RESMI DESA LAMPEGAN

Profil Desa Membangun Bangsa


Profil Desa Membangun Bangsa

Lampegan-Ibun.desa.id.-Profil Desa adalah gambaran yang menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data pemerintahan desa, lembaga yang ada di desa , data dasar keluarga , potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia, prasarana dan sarana serta tentang perkembangan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa. 

Hari Kamis, 28 Juli 2022 dilaksanakan pendataan profil desa di kampung cikonyal RT 001 RW 011 Dusun 1 Desa Lampegan Kecamatan Ibun. Pendataan ini dilakukan oleh Tim Pendata Reza Fernanda dkk. yang di dampingi oleh Pendamping Lokal Desa, yaitu Ahmad Syaeful Rachman.

Sistem pendataan ini dilakukan dengan cara Door to Door dengan tujuan agar hasil pendataan dapat akurat karena yang menjadi responden adalah orang yang mewakili individu, pasangan atau keluarga dan yang mewakili suatu organisasi. Kuesioner ini tentang Data Dasar Keluarga yang meliputi pekerjaan , jumlah penghasilan per bulan, kepemilikan rumah dan lain sebagainya. Selain mendata data dasar keluarga juga mendata potensi sumber daya alam wilayah RW ,  sarana dan prasarana rukun warga seperti kondisi jalan, mck , mushola , masjid jami dan lainnya.

Ahmad menjelaskan kendala dari pendataan ini yaitu rumah kosong sebab pemiliknya ada yang bekerja sebagai buruh pabrik dan ada juga yang sedang pergi mengairi sawah. Pendataan ini, kata Ahmad, baru dapat data 57 jiwa dalam jangka waktu 3 jam oleh 5 orang pendata. Untuk hasil 100% pendataan diperkirakan akan butuh waktu 30 hari.

Dalam pengembangan desa, profil desa sangat menunjang dalam pembangunan desa yaitu sebagai data dasar dalam rencana pembangunan desa , baik pembangunan fisik maupun peningkatan kapasitas penduduk desa. Ketersediaan data yang diwujudkan dalam profil desa akan mempermudah dalam proses perencanaan desa dan harapannya progam – progam pembangunan yang dibuat akan lebih efektif dan tepat sasaran. (DSa)

Bagikan artikel ini:
Komentar